Langsung ke konten utama

Belajar yang Menyenangkan




Banyak penelitian menunjukkan betapa masa usia dini, yaitu masa lima tahun ke bawah, merupakan golden ages (masa keemasan) bagi perkembangan kecerdasan anak. Salah satu hasil penelitian menyebutkan bahwa pada usia 4 tahun kapasitas kecerdasan anak telah mencapai 50%.  Kapasitas kecerdasan itu mencapai 80% di usia 8 tahun. Ini menunjukkan pentingnya memberikan perangsangan pada anak usia dini, sebelum masuk sekolah formal (SD).
Dalam masa golden age ini, anak-anak mengalami pertumbuhan yang luar biasa pada koneksi otaknya dan juga mengalami beberapa periode kritis dalam pembentukan koneksi tersebut. Namun, yang sering salah kaprah adalah adanya pandangan bahwa periode kritis ini harus dimanfaatkan semaksimal mungkin, karena adanya pemikiran memanfaatkan periode tersebut agar anak lebih cepat, lebih baik, dan lebih banyak belajar dibandingkan dengan masa kecil orang tuanya . Ada sebentuk kekhawatiran bahwa masa itu akan terlewatkan sehingga proses pembelajaran akan lebih sulit dilakukan.
Padahal tidak demikian adanya tugas dari orangtua dalam periode kritis ini adalah harus menjaga kesehatan anak dengan gizi seimbang, imunisasi, dan menstimulasi aspek perkembangan anak sesuai dengan tahapan usianya, dengan memanfaatkan seluruh indranya.
            Jika dalam masa periode kritis ini orangtua menjejali anak dengan berbagai materi sekaligus, maka akan terjadi kekacauan pola di sana. Anak akan mengalami kebingungan dalam proses penyambungan koneksinya , akibatnya, keterampilan yang seharusnya dapat dikuasai dengan baik justru tidak mencapai tingkat yang diinginkan. Anak akan menjadi tertekan, dan tidak bersemangat.
                 Berbeda jika proses pembelajarannya berlangsung tahap demi tahap, satu demi satu keterampilan, mulai dari yang sederhana sampai yang kompleks maka pada akhirnya anak akan benar-benar menguasai keterampilan tersebut, tidak hanya sekedar mengenali dan memahami namun juga dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.
                Anak belajar dari apa yang mereka alami dalam kehidupan, ibarat busa, mereka menyerap apa saja yang lingkungan berikan. Artinya anak akan belajar melalui apa yang dilihat, didengar, diraba, dicium dan dicicip pada saat ia sedang melakukan sesuatu yang bermakna bagi dirinya.
Pembiasaan hal-hal baik adalah dimulai dari orangtua. Ketika orangtua berkata dan berperilaku baik, maka anak akan mengikutinya. Misalnya, hanya sekedar bisa  membaca di usia dini tidak akan bermakna bagi anak. Namun jika membaca sudah menjadi bagian dari kehidupan keluarga maka secara spontan anak akan terdorong secara kuat untuk juga menjadikan kegiatan membaca sebagai bagian dari kehidupannya.
                Selain itu, jangan biarkan dunia bermain mereka hilang begitu saja dengan kegiatan “belajar” yang membosankan. Belajar bagi anak adalah melalui permainan. Inti dari bermain adalah "menyenangkan dan suka rela". Artinya, anak akan belajar memaknai secara positif berbagai materi maupun keterampilan jika dilakukan secara menyenangkan dan memang diinginkannya. Tekniknya sederhana, orang tua hanya perlu variasi metode dalam mengulang-ulang materi dan juga dalam menggunakan barang-barang di rumah yang sekiranya dapat membantu proses pembelajarannya.
               Pada usia balita, otak yang benar-benar sedang berkembang pesat adalah di sisi bagian kanannya yang sangat berkaitan dengan imajinasi, pemaknaan, gambaran besar, dan lain sebagainya. Itulah sebabnya  proses belajar yang menyenangkan, bermakna, dan dilakukan sesuai dengan keingingan dan kebutuhan anak adalah suatu hal yang penting dan terbaik dapat dilakukan.
Golden age adalah masa yang penting, namun bukan berarti kita menjejali anak dengan beragam hal yang belum tepat untuk usianya, dengan anggapan untuk kebaikan anak. Bantu proses belajar anak, dengan bermain, dengan contoh pembiasaan yang bermakna di lingkungan keluarga. Lakukan secara menyenangkan, dan kreatiflah dalam memancing keinginan anak ...


Oleh : Baldwine Honest Gunarto, M.Pd
Dimuat di harian TRIBUN KALTIM, 09 April 2017

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Give Love To The Children

Give Love to the children, Children need love everyday Give love to the children, Guide them on their way Love's like a burning flame consumes all that stands in the way Love is the only power on earth to take all the hatred away GIVE LOVE TO THE CHILDREN, set the children free To make their own decisions then they will clearly see Love is the sun the moon and the stars love is a golden ring Love is the one thing the whole world desires be it beggar or king GIVE LOVE TO THE CHILDREN youth has not long to stay Love is a long term investment the best you will find any day Love like the rising sun takes all the darkness away Our children will tell their children and their childrens children will say Give love to the children they are our crock of gold and if perchance they ever stray they will come back to the fold Give love to the children the children of today Give love to the children and love will come to stay. Copied from POEMS FOR CHILDREN  by Elizabeth Quinn

Memahami Sudut Pandang Anak

Tribun Kaltim, 08 Januari 2018 Belajar merupakan upaya untuk menguasai sesuatu yang baru serta perubahan perilaku dari individu yang relatif permanen karena suatu pengalaman, bukan karena kematangan biologis semata. Dari pengertian tersebut, berarti konsep belajar pada anak usia dini ada dua hal yang terpenting, yaitu Mengalami (dengan interaksi), dan Perubahan. Perubahan yang dimaksud adalah : Dari tidak tahu menjadi tahu (perubahan pengetahuan),  dari tidak bisa menjadi bisa (perubahan cara berfikir), dari tidak mau menjadi mau (perubahan prilaku), dan dari tidak biasa menjadi terbiasa (perubahan prilaku) Anak-anak memiliki sudut pandang yang tak selalu sama dengan orang dewasa. Jika kita dapat melihat sudut pandang anak, itu akan meningkatkan efektivitas komunikasi kita dengan mereka. Dalam konteks belajar, itu juga akan membuat kita bisa memberikan pendekatan yang tepat untuk membuat mereka menikmati hari-harinya dan senang belajar. 1. Anak tertarik dengan  se...

Memuji Anak Jangan Berlebihan

Tribun Kaltim, 22 Januari 2017 Memuji anak memang suatu hal penting, tetapi ketika memuji anak terlalu berlebihan, hal ini malah akan menimbulkan dampak buruk bagi mental dan perkembangan anak. Memuji anak adalah sebuah pekerjaan seni, bukan pekerjaan eksak yang bisa ditentukan rumusnya. Efektivitas pujian tak hanya ditentukan oleh cara kita memuji, tetapi juga dipengaruhi oleh karakter anak dalam merespon pujian. Ada anak-anak yang dipuji sedikit sudah langsung bersemangat. Ada anak yang membutuhkan banyak pujian supaya semangat. Tetapi, ada juga anak-anak yang justru jadi tak semangat kalau terlalu banyak pujian. Berikut ini beberapa tips tentang pujian kepada anak, yang diambil dari beberapa teori pendidikan : 1. Hindari memuji anak secara berlebihan Sebaiknya memuji anak secukupnya. Terlalu banyak pujian akan menjadikan pujian kurang berharga dan tidak bermakna. Anak juga jadi malas untuk mengembangkan potensi dirinya. Selain itu sebaiknya tidak memuji mereka di d...