Langsung ke konten utama

MUSIK DAN KECERDASAN ANAK


            Musik adalah kombinasi suara-suara  atau instrument-instrumen yang menghasilkan bunyi serta  harmonisasi yang enak untuk didengar. Musik adalah salah saru nutrisi untuk perkembangan kecerdasan anak. Menurut Don Chambell, dengan teoti efek mozartnya, mengatakan bahwa musik klasik dapat mempengaruhi kecerdasan anak sejak dalam kandungan.  
            Musik dan gerakan merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan bagi balita. Anak masih senang berlari, melompat, dan menggoyang-goyangkan tubuhnya.  Dengan musik, gerakan anak bisa lebih terkoordinir, teratur, karena ada irama yang harus diikuti. Banyak aspek kecerdasan anak yang berkembang melalui musik :
1.Perkembangan sosial emosi.
Melalui gerak dan lagu, yatu bergerak, bernyanyi diiringi sebuah lagu, anak akan menjadi bersemangat. Anak yang pada awalnya hanya duduk diam. Akan bangun dan bergerak mengikuti irama, apabila teman-temannya mengikuti gerak yang sama. Musik yang tenang akan membuat anak menjadi tenang dan rileks. Menampilkan lagu dan tarian daerah bisa menumbuhkan rasa nasionalisme pada anak sejak dini.
2. Perkembangan fisik.
Dengan menari, akan mengembangkan motorik kasar anak. Sedangkan ketrampilan motorik halus terasah bila anak memainkan instrument musik.
3. Perkembangan kognitif.
Berhitung, mengetahui konsep huruf, dan bentuk bisa dilakukan anak melalui bernyanyi. Mengembangkan konsep simbolik bisa dilakukan dengan menirukan gerakan benda atau hewan tertentu melalui gerakan tarian dan lagu.
4. Perkembangan bahasa.
Melalui lagu, anak belajar mengenal kosakata baru. Melalui musik, juga memfungsikan indra pendengaran anak sejak awal, juga meningkatkan kreativitas dan imajinasi anak.

            Melihat begitu pentingnya musik untuk mengembangan aspek kecerdasan anak, maka alangkah baiknya bila kita bisa menyisipkan musik di dalam permainan anak-anak kita. Namun yang perlu diingat, musik dan lagu yang kita ajarkan adalah yang bernuansa anak-anak. Nada irama yang riang, dan syair yang mendidik. Perlu kreatifitas kita sebagai orangtua untuk bisa selalu memberikan yang terbaik untuk anak-anak kita. 

by Baldwine Honest Gunarto

( Dimuat di Harian TRIBUN KALTIM. Minggu, 4 Mei 2014 )


Komentar

Postingan populer dari blog ini

MENDIDIK ANAK SECARA MENYELURUH

Di dalam diri seorang anak, terdapat tiga daya yang harus dikembangkan. Yaitu daya cipta (kognitif), daya rasa (afektif), dan daya karsa (konatif). Menurut tokoh pendidikan kita Ki Hajar Dewantara, untuk menjadi manusia seutuhnya, ketiga daya tersebut harus diwujudkan dan dikembangkan. Atau sesuai dengan ungkapan “educate the head, the heart, and the hand !” . Head, berarti anak cerdas ilmu pengetahuan, Heart berarti cerdas karakternya, dan Hand, anak bisa terampil dan berkembang motoriknya.             Orangtua yang baik, adalah orangtua yang bisa mendidi anak-anaknya berkembang optimal, baik head, heart, maupun hand nya. Untuk anak usia dini, tentu saja dengan kegiatan yang menyenangkan, pembiasaan kegiatan-kegiatan yang baik, menjadi model terbaik bagi anak, dan dengan aktivitas yang menggunakan semua indra anak.              Keterlibatan dan kasih sayang orangtu...

Anak yang “Bossy”

            Pernahkah bertemu dengan anak yang suka memerintah siapa saja untuk memenuhi keinginannya? Jika tidak terpenuhi, maka anak tersebut akan berteriak-teriak. Wajarkah perilaku tersebut ? Banyak anak bertingkah seperti layaknya bos dan suka memerintah orang tua, kakak atau teman sebayanya. Meskipun terlihat alami dan jujur, tapi perilaku yang suka memerintah (bossy) ini tidak bisa ditoleransi. Karena jika sifat tersebut tidak berubah, anak akan mengalami kesusahan untuk bisa mendapatkan teman. Dan hal ini akan memicu anak melakukan kekerasan agar mendapat perhatian atau bisa diterima. Sifat “bossy” tersebut biasanya disebabkan oleh perasaan ego. Menurut teori dari Jean Piaget, fase egosentrisme umumnya muncul pada usia 15 bulan, disebabkan oleh ketidakmampuan anak melihat suatu hal dari sudut pandang orang lain. Jadi semua masalah akan diteropong dari sudut pandang anak. Misalnya, saat anak merebut mainan temannya, meskipun temannya menangi...

Memahami Sudut Pandang Anak

Tribun Kaltim, 08 Januari 2018 Belajar merupakan upaya untuk menguasai sesuatu yang baru serta perubahan perilaku dari individu yang relatif permanen karena suatu pengalaman, bukan karena kematangan biologis semata. Dari pengertian tersebut, berarti konsep belajar pada anak usia dini ada dua hal yang terpenting, yaitu Mengalami (dengan interaksi), dan Perubahan. Perubahan yang dimaksud adalah : Dari tidak tahu menjadi tahu (perubahan pengetahuan),  dari tidak bisa menjadi bisa (perubahan cara berfikir), dari tidak mau menjadi mau (perubahan prilaku), dan dari tidak biasa menjadi terbiasa (perubahan prilaku) Anak-anak memiliki sudut pandang yang tak selalu sama dengan orang dewasa. Jika kita dapat melihat sudut pandang anak, itu akan meningkatkan efektivitas komunikasi kita dengan mereka. Dalam konteks belajar, itu juga akan membuat kita bisa memberikan pendekatan yang tepat untuk membuat mereka menikmati hari-harinya dan senang belajar. 1. Anak tertarik dengan  se...