Langsung ke konten utama

Pentingnya Kesehatan dan Keselarasan


            Peran orangtua  dan lingkungan memang sangat penting  dalam proses tumbuh kembang anak.  Dalam mengasuh, membimbing, dan mendidik anak, orangtua harus bisa mengembangkan secara optimal kecerdasan yang anak miliki, baik cerdas ilmu pengetahuan (Head) , karakternya (Heart) maupun ketrampilannya ( Hand).  Namun demikian, ada hal penting lainnya, yang  mempengaruhi ketiga H sebelumnya , yaitu faktor kesehatan anak (Health) dan keselarasan diantara keempatnya (Harmony).
            Kesehatan adalah yang utama. Apabila anak sakit, maka kecerdasan apapun tidak bisa berkembang. Kesehatan yang perlu dijaga, selain kecerdasan fisik (jasmani) juga kesehatan psikis (rohani)  anak. Kesehatan fisik akan terpenuhi jika kita memberikan  makanan  minuman  bergizi, aktivitas yang menyenangkan, olahraga rutin, istirahat yang cukup, dan menjaga kebersihan. . Menyusun menu gizi seimbang perlu dilakukan, agar makanan anak sehari-hari mengandung zat gizi yang sesuai dengan kebutuhan anak.  Pembiasaan hidup sehat, imunisasi teratur, dan kontrol rutin ke dokter atau puskesmas , sambil mencatat pertumbuhan anak, misalnya berat badan, tinngi badan maupun lingkar kepala.
            Kesehatan yang kedua adalah kecerdasan psikis anak. Anak akan sehat psikhologinya jika mendapatkan banyak kasih sayang dari orang-orang terdekatnya, dengan  kedekatan dan komunikasi yang berkualitas. Kadang kesehatan psikis  ini tidak terperhatikan. Bertengkar di depan anak, marah-marah dengan umpatan dan berkata dengan nada keras, akan menggangu kesehatan psikis anak.  Anak akan stress,  merasa tidak bersemangat, dan cenderung emosinya tidak stabil.
 Anak yang sehat jasmani dan rohaninya, akan lebih mudah distimulasi kecerdasan apapun yang mereka miliki, yang pasti harus dalam suasana nyaman dan selaras (Harmony).

            Orangtua  adalah model terdekat bagi anak. Anak akan melihat, belajar dan meniru  dari bagaimana kita berinteraksi dengan mereka. Sebagai orangtua, kita juga  harus cerdas (Head),  ikhlas dan penuh kasih sayang (Heart), kreatif (Hand), sehat jasmani dan rohani  (Health) dan  bisa menciptakan rasa aman dan nyaman, sehingga anak menikmati masa kanak-kanak mereka (Harmony). Orangtua yang baik akan menghasilkan anak-anak yang baik.

by : Baldwine Honest Gunarto

 ( Dimuat di Harian TRIBUN KALTIM. Minggu, 25 Oktober 2015 )


Komentar

Postingan populer dari blog ini

MENDIDIK ANAK SECARA MENYELURUH

Di dalam diri seorang anak, terdapat tiga daya yang harus dikembangkan. Yaitu daya cipta (kognitif), daya rasa (afektif), dan daya karsa (konatif). Menurut tokoh pendidikan kita Ki Hajar Dewantara, untuk menjadi manusia seutuhnya, ketiga daya tersebut harus diwujudkan dan dikembangkan. Atau sesuai dengan ungkapan “educate the head, the heart, and the hand !” . Head, berarti anak cerdas ilmu pengetahuan, Heart berarti cerdas karakternya, dan Hand, anak bisa terampil dan berkembang motoriknya.             Orangtua yang baik, adalah orangtua yang bisa mendidi anak-anaknya berkembang optimal, baik head, heart, maupun hand nya. Untuk anak usia dini, tentu saja dengan kegiatan yang menyenangkan, pembiasaan kegiatan-kegiatan yang baik, menjadi model terbaik bagi anak, dan dengan aktivitas yang menggunakan semua indra anak.              Keterlibatan dan kasih sayang orangtu...

Anak yang “Bossy”

            Pernahkah bertemu dengan anak yang suka memerintah siapa saja untuk memenuhi keinginannya? Jika tidak terpenuhi, maka anak tersebut akan berteriak-teriak. Wajarkah perilaku tersebut ? Banyak anak bertingkah seperti layaknya bos dan suka memerintah orang tua, kakak atau teman sebayanya. Meskipun terlihat alami dan jujur, tapi perilaku yang suka memerintah (bossy) ini tidak bisa ditoleransi. Karena jika sifat tersebut tidak berubah, anak akan mengalami kesusahan untuk bisa mendapatkan teman. Dan hal ini akan memicu anak melakukan kekerasan agar mendapat perhatian atau bisa diterima. Sifat “bossy” tersebut biasanya disebabkan oleh perasaan ego. Menurut teori dari Jean Piaget, fase egosentrisme umumnya muncul pada usia 15 bulan, disebabkan oleh ketidakmampuan anak melihat suatu hal dari sudut pandang orang lain. Jadi semua masalah akan diteropong dari sudut pandang anak. Misalnya, saat anak merebut mainan temannya, meskipun temannya menangi...

Memahami Sudut Pandang Anak

Tribun Kaltim, 08 Januari 2018 Belajar merupakan upaya untuk menguasai sesuatu yang baru serta perubahan perilaku dari individu yang relatif permanen karena suatu pengalaman, bukan karena kematangan biologis semata. Dari pengertian tersebut, berarti konsep belajar pada anak usia dini ada dua hal yang terpenting, yaitu Mengalami (dengan interaksi), dan Perubahan. Perubahan yang dimaksud adalah : Dari tidak tahu menjadi tahu (perubahan pengetahuan),  dari tidak bisa menjadi bisa (perubahan cara berfikir), dari tidak mau menjadi mau (perubahan prilaku), dan dari tidak biasa menjadi terbiasa (perubahan prilaku) Anak-anak memiliki sudut pandang yang tak selalu sama dengan orang dewasa. Jika kita dapat melihat sudut pandang anak, itu akan meningkatkan efektivitas komunikasi kita dengan mereka. Dalam konteks belajar, itu juga akan membuat kita bisa memberikan pendekatan yang tepat untuk membuat mereka menikmati hari-harinya dan senang belajar. 1. Anak tertarik dengan  se...